BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Rabu, 13 Mei 2009



The Drawworks

Pada dasarnya, drawworks adalah seperti sebuah gulungan besar, terdiri dari sebuah drum yang dililit oleh drilling line. Kemudian drum kecil disebut sand reel dan digunakan untuk perlengkapan downh hole ringan, terletak dibelakang drum utama.

Brake utama membantu driller untuk mengontrol pergerakan drill string kebawah atau kedalam sumur (downward). Ketika beban berat diangkat atau diturunkan, main brake digerakkan oleh hydraulics tambahan atau electric brake untuk membantu menyerap momentum yang dihasilkan oleh beban berat tersebut.

Drawworks juga memiliki catshaft atau catheads, yang terpasang dan memiliki beberapa shaft, clutches dan chain-and-gear drive untuk perubahan kecepatan dan arah.

Satu cathead terpasang pada setiap ujung catshaft, yang kemudian akan terus berputar ketika drawworks mendapatkan tenaga dengan membungkus fiber rope besar (disebut catline) disekitar rotating spool. Anggota kru bisa mengangkat bagian dari peralatan yang hendak dipindahkan disekitar rig floor. Prosedur ini sedikit berbahaya, dan kebanyakan rig saat ini telah dilengkapi dengan air-powered hoist kecil, terpisah dari drawwork yang lebih aman dan mudah digunakan.

Drilling line terbuat dari wire rope yang berdiameter sekitar 1 sampai 1½ inchi. Wire rope ini sedikit kompleks. Bentuknya seperti orang kebanyakan sebut: kabel, tapi ini didesain khusus untuk mengangkat beban berat di rig.

Selama rig-up, drilling line harus dipasang pada hoisting system. Langkah pertama dalam pemasangan drilling line adalah dengan mengambil salah satu ujung line dari supply reel dan mengangkat ujungnya ke ujung paling atas mast atau derrick dimana terletak multiple pulley besar. Beberapa set besar pulley ini disebut crown block. Roda pulley disebut sheaves.

Drilling line dipasang melalui crown block sheave dan ditarik kebawah ke rig floor. Pada rig floor, terletak satu set pulley lagi atau sheaves yang disebut traveling block. Disitulah ujung line dilewatkan melalui satu dari sheaves pada traveling block dan ditarik lagi ke atas ke crown block. Disitulah line dilewatkan melalui sheaves pada crown block kemudian pada traveling block dan keatas lagi ke sheaves pada crown block. Proses ini diulang beberapa kali sampai pada jumlah line yang benar, sesuai kebutuhan beban yang akan diangkat (biasanya 8, 10 atau 12).

Setelah line terakhir terpasang pada crown block sheaves, ujungnya direndahkan ke rig floor dan dipasang pada drum drawworks. Beberapa gulungan line cukup mengelilingi drum. Bagian drilling line yang bergerak antara drawworks dan crown block disebut fast line – karena line ini bergerak 8-12 kali kecepatan traveling block.

Ujung drilling line yang lain, berada pada supply reel disebut dead line, disebut seperti itu karena terpasung dan tidak bergerak. Sebuah device yang disebut deadline anchor dipasang untuk tujuan ini. Sekarang traveling block bisa dinaikkan dari rig floor sampai keatas derrick dengan menggunakan drawworks (menarik line). Untuk merendahkannya, line pada drawworks diulur.


0 komentar: